Mengenal Tanaman Kaktus Dengan Berbagai Keunikan

Mengenal Tanaman Kaktus Dengan Berbagai Keunikan

Mengenal tanaman kaktus dengan berbagai keunikannya yang dapat bertahan hidup dipadang pasir gersang. Tanaman kaktus adalah pohon yang seluruh bagiannya mengandung air.

Keistimewaan tanaman kaktus ini memiliki kemampuan dalam menyerap serta penyimpan air.

Dimana dia dapat menghidupi diri sendiri, pohon ini akan menggunakan air yang disimpannya dalam bertahan hidup, itulah salah satu sebab kaktus dapat tummbuh dipadang pasir.

Dari mana air yang tersimpan dalam tanaman ini berasal ?

Walaupun jarang sekali terjadi hujan dipadang pasir, tetapi tanaman berduri ini mampu menyerap dan menyimpan saat datangnya hujan.

Tanaman kaktus juga pandai dalam memanfaatkan embun yang terjadi saat menjelang pagi hari.

Dengan demikian tanaman ini akan menyimpannya didalam batang.

Keunikan dalam menyerap serta menyimpan air inilah yang paling istimewa. Tidak ada mekanisme ini pada jenis tanaman lainnya.

Mengenal Tanaman Kaktus Dengan Berbagai Keunikan

Ternyata duri kaktus juga memiliki beberapa fungsi yang sangat unik, bukan saja sebagai pertahanan diri tetapi duri ini dapat menghalau hewan predator yang akan mengambil airnya.

Durinya juga mampu meningkatkan kelembaban sehingga embun yang terbentuk akan terserap untuk disimpan dalam tanaman tersebut.

baca juga : Cara Membuat Susu Kedelai Untuk Dijual Anti Langu

Untuk bagian batangnya yang menyimpan air ternyata mempunyai lapisan selaput seperti lilin. Sehingga berfungsi sebagai perlindungan air yang tersimpan.

Uniknya lagi air yang terdapat dalam kaktus juga telah tersaring hingga lebih murni dan siap untuk diminum.

Sehingga air tersebut tidak lagi kotor serta tidak mengandung bakteri yang berbahaya.

Untuk kalian jika sedang melancong di gurun pasir tanaman kaktus bisa sebagai solusi apabila kehabisan air dalam perjalanan.

Mengenal Tanaman Kaktus Dengan Berbagai Keunikan Antara Lain :

  • Tanaman kaktus termasuk dalam keluarga coctaceae yang mempunyai lebih dari 2000 varietas dengan ragam bentuk dan warna.
  • Pohon kaktus termasuk sukulen sebab bagian tubuhnya seperti batang, akar dan daun dapat menyimpan air untuk bertahan hidupwalaupun dalam kondisi kekeringan. Tanaman kaktus memiliki jaringan spons tebal berdaging yang mampu menahan air waktu diperoleh saat hujan. Bgian batangnyapun dilapisi dengan zat lilin yang bisa mencegah penguapan air.
  • Tanaman kaktus mempunyai duri yang tidak lain adalah daunnya, dengan struktur khusus yang disebut areole. Sehingga berfungsi untuk serrangan hewan yang inginkan air dari kaktus.
  • Akar dari tanaman kaktus sangat rumit yang dapat menyerap air dari tanah. Walaupun ukuran kaktus kecil tapi memiliki akar yang besar. Faedah dari akarnya mampu menahan tanaman sekaligus bisa memperoleh air dan mineral secara maksimal.
  • Tanaman kaktus memiliki bungan yang cantik seperti warna merah, kuning, pink. Ada beberapa kaktus yang bunganya bisa mekar beberapa hari. Ada yang mekar dimalam hari dan ada yang mekar siang hari.
  • Karateristik tanaman kaktus memiliki masa tumbuh dan istirahat, umurnyapun bervariasi antara 25 tahun hingga 300 tahun. Pada masa pertumbuhan pohon kaktus membutuhkan sinar matahari langsung, suhu tinggi, kelembaban dan air.
  • Pohon kaktus dapat mencapai tinggi 20 meter dan yang terpendek berkisar beberapa sentimeter.
  • Keunikan utama dari kaktus adalah tanaman ini mampu sebagai reservoir air alami. Zat cair yang tersimpan dalam kaktus tidak seperti air akan tetapi seperti cairan kental yang aman dikonsumsi manusia.

Demikianlah bahasan mengenal tanaman kaktus dengan berbagai keunikannya. Semoga bermanfaat.

Shares
error: Content is protected !!