Cari Tahu Yuks Tips Pengobatan Diabetes Terbaru Untuk Penderitannya

Penyakit diabetes di Indonesia menduduki peringkat keenam didunia dimana jumlahnya makin meningkat. Bagaimana cara mencegahnya ? Cari Tahu Yuks Tips Pengobatan Diabetes Terbaru Untuk Penderitannya.

Cari Tahu Yuks Tips Pengobatan Diabetes Terbaru Untuk Penderitannya

Penyakit diabetes sudah tidak asinglagi di telinga kita, ini merupakan salah satu penyakit yang biasanya diderita oleh usia lanjut namun tak jarang juga anak muda jadi korbannya.

Apabila kamu sudah terdiagnosa penyakit ini, janganlah berputus asa.

Walaupun pada awalnya mungkin kamu merasa tertekan karena diabetes adalah salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan.

Jujur kamu pun merasa khawatir dengan berbagai macam perawatan yang akan kamu jalani.

Tentunya otomatis kamu menjadi kehilangan semangat untuk menjalani hari-harimu.

Apabila sudah mengidap penyakit ini, bukanlah akhir dari segalanya, kamu masih tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

Sebab masih bisa ditangulangi yaitu kunci hidup dari diabetes adalah dengan mengendalikan jumlah gula darah.

baca juga : Cara Stabilkan Gula Darah Dalam Batas Normal Bagi Penderita Diabetes

Jenis Diabetes Yang Wajib Kamu Ketahui.

1.) Diabetes Melitus Tipe 1

Biasanya disebut sebagai Diabetes Melitus yang tergantung pada insulin. Biasanya ini terkait dengan faktor genetik dan sistem kekebalan tubuh.

Akan mengakibatkan kerusakan sel-sel yang memproduksi insulin, sehingga sel tidak mampu untuk memproduksi insulin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Umumnya kelompok orang yang paling sering mengidap penyakit ini adalah anak-anak dan remaja, yang mewakili 3% dari jumlah seluruh pasien yang ada.

2.) Diabetes Melitus Tipe 2

Tipe ke-2 ini disebut “Diabetes Melitus yang tidak tergantung pada insulin”, mewakili lebih dari 90% kasus diabetes melitus.

Kalau yang ini terkait dengan faktor pola makan yang tidak sehat, obesitas, dan kurangnya olahraga.

Dimana kondisi sel tubuh menjadi resisten terhadap insulin dan tidak bisa menyerap dan menggunakan dekstrosa dan kelebihan gula darah yang dihasilkan secara efektif.

Untuk jenis diabetes melitus ini memiliki predisposisi genetik yang lebih tinggi daripada Tipe 1.

3.) Diabetes Melitus Gestasional

Penyakit ini disebabkan oleh perubahan hormone yang dihasilkan selama kehamilan dan biasanya berkurang atau menghilang setelah melahirkan.

Berdasarkan dari studi beberapa tahun terakhir ini menunjukkan bahwa wanita yang pernah mengalami diabetes melitus gestasional memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi.

Biasanya untuk pengidap penyakit diabetes melitus tipe II, sehingga wanita tersebut harus lebih memerhatikan pola makan yang sehat demi mengurangi risiko tersebut.

Untuk jenis lain dari Diabetes Melitus: Ada beberapa penyebab lain yang berbeda dari ketiga jenis diabetes melitus di atas, termasuk sekresi insulin yang tidak memadai yang disebabkan oleh penyakit genetik tertentu.

Dimana penyakit diabetes juga bisa disebabkan secara tidak langsung oleh penyakit lainnya (misalnya pankreatitis, yaitu peradangan pada pankreas), yang diakibatkan oleh obat atau bahan kimia lainnya.

Tips Pengobatan Diabetes Terbaru Bagaimana Caranya ?

  • Khusus bagi penderita diabetes tipe 1 Tips Pengobatan Diabetes Terbaru umumnya menjalani pengobatan terapi insulin (Lantus/ Levemir, Humalog, Novolog atau Apidra) yang berkesinambungan.
  • Jangan lupa dengan berolahraga secukupnya serta melakukan pengontrolan menu makanan (diet).
  • Sedangkan pada penderita diabetes melitus tipe 2, Tips Pengobatan Diabetes Terbaru penatalaksanaan pengobatan dan penanganan difokuskan pada gaya hidup dan aktivitas fisik. Dalam kontrol nilai kadar gula dalam darah adalah menjadi kunci program pengobatan, yaitu dengan mengurangi berat badan, diet, dan berolahraga.

Apabila hal ini tidak mencapai hasil yang diharapkan, maka pemberian obat tablet akan diperlukan.

Apabila tablet tidak mengatasi pengontrolan kadar gula darah, bahkan pemberian suntikan insulin turut diperlukan

Demikianlah ulasan mengenai Cari Tahu Yuks Tips Pengobatan Diabetes Terbaru Untuk Penderitannya. semoga bermanfaat.