Bahaya Bahan Kimia Untuk Wajah dan Solusi Mengatasinya Kepoin Aja

Bahaya Bahan Kimia Untuk Wajah dan Solusi Mengatasinya Kepoin Aja

Bahaya Bahan Kimia Untuk Wajah – Baru-baru ini telah viral di dunia maya seorang gadis malaysia yang mengalami kerusakan wajah yang disebabkan oleh pengunaan produk perawatan kecantikan yang selama ini rutin dipakainya. Di beberapa postingan sebelumnya dia sempat menduga juga bahwa kerusakan ini justru karena ia berhenti memakai perawatan wajah itu.

Bahaya Bahan Kimia Untuk Wajah dan Solusi Mengatasinya Kepoin Aja

Dalam postingan instagramnya, kita bisa melihat perubahan wajah Asmida korban perawatan wajah. Foto paling kiri diunggah sekitar 20 minggi yang lalu. Sementara yang tengah diunggah 7 minggu kemudian, kita bisa lihat sedah ada semacam jerawat yang tampak disana. Dan yang paling kanan diunggahkan sekitar 2 minggu kemudian, parah banget, ya?

Yuup!

Betapa bahayanya bahan kimia, apakah kalian juga memikirkan bahaya menggunakan bahan kimia yang terkandung di dalamnya untuk kesehatan?

Tetapi belum tentu kita tahu bagaimana produk itu diproduksi dan bahan kimia apa yang digunakan oleh produsen untuk menghasilkan produk tersebut.

Bahaya Bahan Kimia Untuk Wajah dan Solusi Mengatasinya Kepoin Aja

Berdasarkan dari siakapkeli.my Jumat 13 juli 2018 ada 6 jenis bahan kimia beracun yang mungkin ada dalam produk kosmetika sahabat  diantaranya:

  • Paraben –> Bahan ini mudah ditemukan dalam bentuk alami, seperti blueberry dan lobak. Dan itu salah satu bahan kimia yang paling umum digunakan dalam kosmetika. Sebagian produsen menggunakan paraben 0,3 % atau lebih rendah dalam produk mereka. Paraben menunjukan efek estrogen yang menyebabkan kekhawatiran soal kanker payudara, bahkan penelitian oleh Harvard University juga menemukan bahwa efek paraben dapat mempengaruhi keseburan seseorang. Namun administrasi makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) tidak memiliki bukti kuat tentang efek paraben pada manusia.
  • Petrolatum –> Yang dihasilkan dari minyak bumi digunakan untuk menjaga lipstik dalam keadaan basah selain ipstik, petrolatum juga digunakan dalam produk lotion dan krim. FDA menyarankan untuk mendapatkan produk merk terkemuka. sebab pabrik memiliki aturan ketat tentang penggunaan bahan ini dan dipantau oleh pihak berwenang.
  • Formaldehida –> Ini seringkali digunakan dalam produk pelicin rambut dan pengkilat kuku. Bahan yang terbuat dari gas asli ini, kalau dalam bentuk cair disebut dengan formalin. Bahan ini besifat karsinogen ini seringkali dilabel sebagai methylene glycol. Seperti diazolidinyl urea yang biasa digunakan dalam produk pencuci muka dan perawatan rambut atau quaternium-15 yang digunakan dalam bentuk bedak.
  • Phthalates –> Biasanya digunakan dalam produk cat kuku,parfum dan beberapa produk lainnya, meskipin penggunaannya tidak dibatasi oleh FDA namun dilarang dalam produksi produk untuk anak-anak. Phthalates juga terkandung dalam produk rumah tangga seperti pengharum ruangan dan deterjen bahan ini juga dapat ditemukan dalam makanan. Untuk mengetahui cukup mudah hindari menggunakan produk yang dikemas dalam plastik daur ulang dan memiliki label daur ulang kode 3 karena itu artinya mengandung Phthalates tinggi.
  • Sodium Lauryl Sulfate (SLS) –> Adalah deterjen dan surfaktan yang biasa ditemui di tempat-tempat yang menjual produk perawatan tubuh seperti sabun, sampo serta pasta gigi. Bahan ini berfungsi untuk menghasilkan busa serti sampo dan krim cukur rambut. Efeknya menyebabkan peradangan kulit.
  • Triclosan –> Bahan yang memiliki sifat pengawet dan anti bakteri ini sering ditemukan dalam pasta gigi, produk perawatan mulut, deodoran meskipun dapat membantu mengatasi masalah gingivitis berdasarkan penelitian pada hewan dapat menyebabkan gangguan hormon tubuh manusia dan menyebabkan alergi dan beberapa jenis kanker. Jika kamu peduli kesehatan lebih baik hindari bahan yang mengandung Triclosan.

Bahaya Bahan Kimia Untuk Wajah dan Solusi Mengatasinya Kepoin Aja

 

Itulah beberapa bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh, nah mulai sekarang sebisa mungkin hindari penggunaan bahan kimia, beralihlah ke bahan-bahan alami yang kaya manfaat untuk merawat tubuh kita, termasuk wajahmu yang cantik jelita. Jangan buru-buru termakan iklan produk perawatan wajah yang terbuat dari bahan  kimia. Apalagi jika produk tersebut menawarkan cara instan untuk mendapatkannya.

Bahaya Bahan Kimia Untuk Wajah dan Solusi Mengatasinya Kepoin Aja

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!